Instalasi PLTMH terdiri dari komponen Bangunan Sipil, Mekanik pada sistem turbin, Elektronik pada sistem kontrol, dan elektrikal pada sistem generator listrik. Operasi dan perawatan PLTMH membutuhkan mesin dan perkakas minimal untuk reparasi kerusakan minor, seperti perbaikan kunci pintu air yang patah, kabel distribusi yang putus, mengganti kapasitor yang rusak, dan kerusakan minor lainnya. Oleh karena itu sebaiknya mesin dan perkakas untuk perawatan disediakan di desa sehingga jika terjadi kerusakan kecil dapat cepat diperbaiki.

Kerja logam dan reparasi elektronik merupakan ketrampilan yang umumnya belum dimiliki di perdesaan. Padahal banyak pekerjaan di desa yang harus didukung oleh bengkel mekanik untuk memperbaiki dan membuat perkakas untuk kerja lainnya, seperti membuat pisau untuk menyabit rumput, panen, berkebun, juga untuk membuat kerajinan kayu atau bambu. Oleh karena itu jika di perdesaan sudah tersedia listrik, maka tepat waktunya untuk mengenalkan teknologi kerja logam sebagai pangkal industrialisasi di perdesaan. Selain untuk kerja logam, sebaiknya di desa dilengkapi juga dengan mesin dan peralatan untuk kerja listrik / elektronik, kerja kayu, dan kerja batu.

Selain untuk reparasi instalasi PLTMH, mesin dan perkakas tersebut dapat juga digunakan untuk perbaikan mesin lainnya di desa, seperti reparasi sepeda motor, penggantian suku cadang mesin huller, overhaul mesin diesel traktor tangan, reparasi radio, setrika, dsb. Ketersediaan alat dan tenaga yang terampil akan menjadi sumber nafkah baru di desa, dalam bentuk usaha jasa reparasi atau usaha manufaktur untuk memproduksi barang, seperti membuat roda traktor tangan, pagar, teralis, dsb

konstruksi bengkel

konstruksi bengkel

Lokasi bengkel dipilih dengan kriteria sebagai berikut :
  • Dekat dengan rumah turbin untuk mempermudah mengangkat komponen instalasi PLTMH yang akan diperbaiki
  • Dekat dengan kabel transmisi utama, atau jaringan kabel tiga fasa untuk kebutuhan daya motor besar yang umumnya menggunakan listrik tiga fasa. Selain dari itu penyambungan pada kabel transmisi utama bertujuan untuk mengurangi gangguan penggunaan listrik oleh bengkel terhadap jaringan.
  • Jika bengkel direncanakan juga untuk melayani publik maka lokasi bengkel sebaiknya dekat jalan desa atau mudah dijangkau oleh calon konsumen
  • Cukup jauh dari pemukiman, mesjid, sekolah atau kantor sehingga aktivitas bengkel tidak menggangu lingkungan.
  • Aman dari bencana alam; banjir dan longsor
  • Arsitektur bangunn bengkel disesuaikan dengan arsitektur yang ada di wilayah tersebut. Material bangunan menggunakan bahan lokal yang tidak mudah terbakar, seperti batu, genteng, dsb.

Tata ruang tipikal bangunan bengkel di perdesaan dapat dilihat pada gambar di atas dengan fungsi ruang sebagai berikut :

layout bengkel

layout bengkel

  • Ruang Kantor adalah ruang untuk kegiatan administrasi bengkel yang dapat juga disatukan dengan kegiatan administrasi manajemen PLTMH untuk menyimpan arsip dokumen PLTMH, penyimpanan sukucadang, perkakas bengkel yang ringan dan berharga.  Sesuai dengan fungsinya maka ruang kantor dapat terkunci,  harus aman dari gangguan fisik dan maling.
  • Gudang Tertutup adalah ruang yang dapat dikunci untuk tempat penyimpanan mesin, perkakas, dan bahan baku yang mudah dipindahkan. Ventilasi cukup baik untuk penyimpanan bahan cat dan pelumas.
  • Gudang Luar berfungsi untuk penyimpanan barang yang sedang dikerjakan atau material yang berat dan besar
  • Lantai Kerja adalah ruang utama untuk melakukan kegiatan perbengkelan. Konqtruksi lantai harus cukup kuat menerima beban dan mudah dibersihkan. Penerangan alami yang cukup dan berventilasi baik.
  • Apron adalah halaman bangunan yang beratap, berfungsi untuk kegiatan bongkar muat dan tempat kerja temporer, terlindung dari curah hujab, drainase baik sehingga lantai tidak tergenang dan mudah kering.

0 Responses to “Bengkel”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: